POJOKSUDUT.COM – Mengapa konsep desain rumah minimalis menjadi primadona? Desain serta model konstruksi rumah bermacam-macam konsepnya. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang menampakkan kemewahan dan megah.

Perancangannya pun termasuk luas, karena setiap rancangan memiliki pakemnya tersendiri. Oleh karena itu tidak banyak orang yang dapat mewujudkan desain hunian  impiannya.

Terlebih lagi jika tidak memiliki konsep yang jelas  tentang sebuah hunian. Bahkan sering yang ada adalah gambaran kasar nya.

Terutama jika Anda sudah menetapkan ingin sebuah konsep rumah minimalis untuk hunian yang nyaman. Namun belum mampu menerjemahkannya dalam bentuk gambar maupun rancang  bangun serta biaya pembiayaan. 

Ada pula yang tidak memahami apa yang diinginkan hanya saja tahu dari gambar yang ada di beberapa buku atau mencari di internet.

Oleh karenanya perlu mengetahui desain rumah macam apa saja yang ada dan sangat nyaman untuk dihuni. 

Apa Saja yang Termasuk dalam Konsep  Desain Rumah Minimalis?

Terdapat berbagai macam variasi desain rumah yang dapat dipilih untuk menetapkan rancangan hunian  paling nyaman. Mulai dari yang bergaya Mediterania sampai konsep masa kini yaitu minimalis.

Apapun pilihannya semuanya tentu saja membutuhkan konsep yang spesifik agar Orang yang ahli dalam bidangnya dapat membantu Anda menerjemahkan gambaran hunian tersebut bentuk perancangan serta biayanya.

Konsep Rumah Minimalis

konsep desain taman rumah

Desain Rumah

Salah satu yang menjadi tren desain rumah masa kini adalah hunian yang minimalis. Sebagian besar orang memiliki beban dan tanggung jawabnya sendiri sehingga memerlukan konsep rumah tinggal yang nyaman bagi dirinya.

Salah satunya adalah dengan mengurangi pemanfaatan barang-barang yang dapat berdampak menyita waktu untuk merawatnya. Konsep rumah minimalis juga tidak jauh berbeda yaitu dengan memaksimalkan sejumlah ruangan yang ada.

Pada prinsipnya konsep rumah minimalis adalah memaksimalkan luas lahan yang ada ada yang semakin terbatas jumlahnya di masa kini.  Selain itu juga mencoba untuk memaksimalkan gaya hidup agar kualitasnya semakin.

Sehingga banyak kaum muda yang menyukai gaya minimalis karena dianggap sebagai suatu pencapaian tersendiri. Karena hunian berkonsep minimalis tampak elegan tetapi tidak memerlukan banyak ornamen di setiap sudutnya.

Menetapkan konsep minimalis dalam suatu rancangan hunian memerlukan ketajaman ide tersendiri. Sebab yang ingin diterjemahkan adalah kesederhanaan dengan menekan penggunaan berbagai elemen dan unsur desain konstruksi suatu hunian.

Oleh karena itu kebanyakan hunian yang memiliki konsep rumah minimalis juga sangat bersih dan ramping. Pada umumnya memiliki ruanganya terbatas tetapi fungsinya dioptimalkan oleh penghuni rumah.

Pengaplikasian desain rumah minimalis hanyalah kebutuhan paling prinsip yang dihadirkan. Tinggal fungsinya sangat esensial dan fungsional.  oleh karenanya banyak menghindari ornamen yang tidak memiliki fungsi sama sekali.

Biasanya juga melibatkan berbagai elemen multifungsi tidak hanya Untuk dekorasi saja.  termasuk untuk pemanfaatan setiap sudut juga dapat berfungsi sebagai hiasan.  bisa rak buku minimalis. 

Konsep rumah minimalis sangat modern sehingga rencananya terlihat sangat konsisten.  Karena hanya melibatkan garis yang bersih serta tajam.  Pemanfaatan warna catnya pun sederhana umumnya yang terkesan bersih dan terang.

Konsep Dan Desain Dalam Rumah Minimalis

Dalam desain rumah berarsitektur minimalis biasanya didominasi dengan berbagai bentuk dasar geometris dengan pemanfaatan bahan-bahan yang sederhana.

Tambahannya adalah tidak diperlukannya banyak hiasan serta memiliki pengulangan struktur yang terkonsep.

Begitu juga dengan penggunaan materialnya yang sebagian besar didominasi baja kaca serta logam. Jika biasanya ornamen  pemanis adalah batu-batuan alam pada konsep rumah minimalis hal tersebut sebisa mungkin dihindari.

Sehingga bisa dikatakan ciri khas dari sebuah hunian berkonsep minimalis adalah memanfaatkan palet warna terang,  dan setiap ruangan difungsikan secara optimal. Seluruh furniture nya sangat sederhana, ramping, dan tidak berlebihan. 

Biasanya pada konsep hunian minimalis yang ditekankan adalah pencahayaan alami yang dapat menerangi seluruh rumah. Sehingga bangunan akan terlihat sederhana, bersih dan nyaman juga terang.

Oleh karena itu pada umumnya konsep desain rumah minimalis memiliki jendela bukaan yang besar di mana pemanfaatan bingkainya umumnya terbuat dari aluminium dengan kaca yang sederhana.

Tujuannya tentu saja untuk memastikan bahwa sinar matahari masuk seluasnya dengan intensitas tinggi. Jika dianggap terlalu terang, maka langkah selanjutnya adalah membuat desain sederhana untuk menguranginya seperti membuat tirai.

Ciri- ciri Sebuah Rumah Berkonsep Minimalis’

Di dalam dunia konstruksi rumah terdapat ciri-ciri khusus yang menegaskan bahwa setiap bangunan mempunyai konsep tertentu. Begitu juga pada sebuah rumah yang berkonsep minimalis. Tentu ada beberapa hal Pakem yang harus ditaati oleh para arsitek yang hendak.

1. Konstruksinya Sederhana

Ciri utama dari sebuah rumah minimalis adalah dari kesederhanaan bangunan yang banyak menitikberatkan pada bentuk geometri. Umumnya memiliki denah yang berbentuk persegi, ataupun kubus sesuai dengan luasnya lahan.

Untuk pencahayaan banyak arsitek yang berusaha untuk memaksimalkan deretan jendela dengan gaya geometris yang didominasi kotak-kotak. Terdapat juga sudut fasa yang ukurannya 90 derajat sehingga tampak menyiku.

Penggunaan materialnya pun tidak macam-macam mayoritas didominasi oleh pemanfaatan beton, kaca, serta baja. Oleh karena itu bagi penyuka rumah yang vintage atau country desain minimalis ini tampaknya membosankan. 

2. Pengunaan Warna yang Natural dan Monokrom

Jika diperhatikan pada umumnya penggunaan warna pada rumah minimalis Tidaklah terlalu banyak.  Biasanya hanya menggunakan warna natural atau yang monokrom. Jika ingin terlihat lebih mencolok maka umumnya menggunakan warna tanah.

Warna warna monokrom yang digunakan sebagai salah satu cat warna rumah minimalis membuat kesan ruangan terlihat lebih bersih,  lapang dan cerah. Tidak hanya itu saja ternyata warna Netral tersebut juga dapat memberikan kesan mewah pada ruang.

Umumnya pewarnaan yang digunakan adalah warna basic yaitu putih, hitam, dan abu-abu. Sementara untuk warnet rasanya biasa digunakan krem atau coklat kayu. Jika ingin menggunakan warna tanah bisa ditambahkan warna merah gelap dan coklat tua.

Kendati, telah menggunakan aplikasi cat warna netral juga harus mampu menata desain interiornya sesuai dengan konsep rumah. Perhatikan untuk membeli furniture yang multifungsi dan memastikan manfaatnya.

Jangan abaikan pemilihan warna furniture yang sebaiknya senada dengan cat dinding. Kesan luas dan lapang akan lebih terasa. Sebab warna yang senada akan membuat konsep minimalis tersebut semakin nyata.

Pemilihan Warna Pada Rumah Minimalis Dan Modern

konsep desain taman rumah

Pemilihan Warna

Pilihan warna yang yang dapat diaplikasikan pada rumah minimalis selain warna Netral serta warna tanah adalah sebagai berikut:

  • Biru Tua

Anda dapat mengaplikasikan warna biru tua atau yang dikenal sebagai biru dong untuk ruangan yang digunakan sebagai tempat beristirahat.  Karena kesan yang diperoleh adalah sejuk serta nyaman untuk melepaskan lelah.

Aplikasikan pada seluruh dinding dan menambahkan ornamen multifungsi yang dapat digunakan juga sebagai dekorasi. Antara lain adalah buku minimalis dengan aksen yang tegas ataupun cermin berbentuk geometris.

Anda juga dapat menambahkan lampu dengan konsep geometris untuk mempercantik ruangan sehingga tidak terkesan terlalu kaku. Aplikasikan pencahayaan yang lembut untuk ruang tidur. Sementara pada ruang keluarga ataupun kamar tamu dapat diaplikasikan dua macam cahaya yaitu terang dan redup.

  • Lavender

Warna lavender memiliki kecenderungan berwarna ungu dan memang banyak yang menghindarinya. Karena adanya kesan negatif seperti duka ketika mengaplikasikannya. Namun Anda dapat memilih calon yang lembut dari warna ungu ini.

Pengaplikasiannya dapat dipadukan dengan warna ungu tua sehingga tidak terkesan gelap. Jangan tambahkan furnitur yang memiliki warna tua tetapi manfaatkanlah yang berwarna cerah. Contohnya adalah krem ataupun putih Gading.

Agar tetap berkesan minimalis Anda dapat memanfaatkan dekorasi multifungsi yang memiliki tone warna sama.  Misalnya menggunakan warna lemari pakaian yang yang memiliki nuansa.

  • Abu -Abu Muda

Abu-abu juga merupakan warna yang umumnya diaplikasikan pada rumah berdesain minimalis. Untuk menghindari kesan kusam pilihlah warna abu-abu yang muda sehingga terlihat lebih segar.

Manfaatkanlah furniture serta ornamen yang multifungsi sehingga ruangan tidak terlihat monoton. Aplikasikan lah sedikit warna hitam pada furniture serta putih pada titik pusat perhatian di ruangan tersebut. 

3. Efektif dan Efisien

Pemilihan furniture pun tidak bisa diabaikan dalam konsep minimalis.  Selain fungsinya harus maksimal tidak boleh ada mebel yang hanya digunakan sebagai ornamen hiasan saja dalam rumah tersebut.

Selalu ada fungsi lain yang memang ditekankan dalam pemanfaatannya. Contohnya adalah meja yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang.  Ataupun kursi sofa yang juga dapat difungsikan sebagai tempat tidur  tamu. 

Mengapa demikian? Furniture jenis itu dipilih untuk memastikan tidak ada fungsi ruangan yang terbuang. Pada umumnya bentuknya pun mengikuti luasan setiap ruangan yang akan diisi.

Pada umumnya bentuk mebel yang digunakan pun tidak terlalu besar serta tidak banyak memiliki aksen atau dekorasi yang terlalu berlebihan. Malah lebih cenderung menonjolkan fungsi yang maksimal dengan pemanfaatan luasan yang seminimal mungkin.

4. Ruangan Terbuka dan Mengurangi Banyak Sekat

Prinsip pemanfaatan ruangan pada hunian minimalis adalah maksimal, maka biasanya menghindari adanya sekat antar ruang. Setiap ruangan dapat berfungsi 1 sampai dua variasi. Cara lain adalah pemanfaatan ruang tamu yang berfungsi juga sebagai ruang keluarga.

Bisa juga ruang dapur dari menjadi satu dengan ruang makan, Tempat cuci berada dalam suatu ruangan yang sama dengan jemuran. Pada prinsipnya setiap ruangan dapat berfungsi secara maksimal.

Tersebut dilakukan agar kesan lega dapat terlihat dari setiap ruangan. Karena pada umumnya pembangunan rumah minimalis dilakukan di lahan yang tidak termasuk luas. Sehingga ketika penghuni rumah memasuki suatu tidak terlihat sempit.

5. Dirancang dengan Banyak Bukaan

Salah satu ciri khas khusus lagi dari sebuah rumah minimalis adalah banyaknya jendela yang terpasang di bagian bagian rumah yang terpapar sinar matahari.  Tujuannya tentu saja untuk membeli memberi memberikan kesempatan agar terasa terang tanpa menambah beban listrik.

Sehingga wajar banyak sekali penggunaan kaca dengan bingkai yang terbuat dari aluminium yang dilapisi dengan cat berwarna putih. Sehingga perancangan konsep minimalis nya tetap terlihat mewah dan elegan.

Faktor yang Mempengaruhi Konsep Desain Rumah Minimalis

Konsep Rumah Minimalis

Berdasarkan perkembangannya konsep hunian minimalis memang dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan.  Bukan hanya karena pemenuhan tuntutan dimana setiap orang menginginkan rumah yang terkesan nyaman namun tidak terlalu rumit.

1. Pengaruh Desain Jepang

Salah satu negara yang sangat mempengaruhi konsep desain rumah minimalis adalah Jepang.  karena menekan kesederhanaan dengan pemanfaatan unsur-unsur alam yang dekat dan akrab dengan kehidupan manusia.

Perumahan Jepang lebih banyak dipengaruhi mengenai tentang kebebasan serta esensi kehidupan yang ada pada sebuah ruang kosong. Sehingga pengaplikasiannya adalah menghilangkan seluruh dinding dan yang tidak perlu dan membuka ruangan antara desain interior dan eksterior.

Dengan mengurangi stress maka ruangan akan tampak lebih luas,  lega, dan nyaman. Terlebih lagi dengan pengaplikasian ornamen yang multifungsi sehingga tidak menghabiskan ruangan.

2. Pengaruh Desain Skandinavia

Negara Skandinavia juga merupakan salah satu kebudayaan yang memberikan Efek pada perkembangan desain rumah minimalis. Lebih banyak menekankan pada penggunaan bahan kayu serta pemanfaatan warna-warna yang netral dan monokrom.

Ditambah lagi desain utama dari konsep negara Skandinavia adalah memasukkan sebanyak mungkin sinar matahari kedalam ruangan. Hal ini dapat dimaklumi karena ide dasarnya adalah negara tersebut tidak terlalu banyak menerima sinar matahari sepanjang tahun.

Oleh karena itu negara Skandinavia banyak sekali merancang konsep hunian minimalis untuk memaksimalkan pencahayaan. Sehingga ketika musim panas cahaya matahari dapat langsung menerangi seluruh ruangan. 

Alasan Rumah Minimalis Disukai Banyak Orang

Rumah Minimalis Modern

Konsep rancangan rumah minimalis disukai banyak orang, terutama kaum muda. Karena generasi inilah yang umumnya tidak mempunyai banyak waktu untuk merawatnya. Selain ingin bersifat efisien dan efektif.

Alasan yang banyak dikemukakan orang ketika ingin menetapkan sebuah desain rancangan rumah minimalis adalah sebagai berikut:

  • Desain rumah minimalis lebih menekankan pada fungsi sehingga terasa lebih efektif dan efisien
  • Adanya kesan lebih luas terutama pada desain hunian yang didirikan di daerah perkotaan. Sebab pada umumnya memiliki luas lahan yang terbatas
  • Seluruh furniturenya multifungsi sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli banyak perlengkapan
  • Terkesan nyaman dan elegan serta sederhana
  • Terkesan bersih dan rapi serta mudah untuk melakukan perawatan karena berupa sebuah ruangan tanpa sekat dan batas
  • Tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan perawatan secara menyeluruh karena kesibukan serta beban tanggung jawab yang harus diselesaikan
  • Berpotensi untuk menghemat listrik karena banyaknya bukaan yang dimaksudkan untuk memasukkan cahaya matahari secara luas sehingga tidak membutuhkan energi listrik untuk meneranginya

Keuntungan Menerapkan Aplikasi Desain Minimalis Pada Hunian

Memang masalah menerapkan rancangan desain suatu rumah adalah selera. Akan tetapi terdapat beberapa keuntungan yang bisa diambil oleh penghuni jika memanfaatkan konsep desain minimalis

1. Sesuai dengan Gaya Hidup Modern

Salah satu keuntungan yang dapat diperoleh dengan menerapkan konsep rancangan rumah minimalis adalah sangat sesuai dengan gaya hidup modern pada zaman ini. 

Oleh sebab berbeda dengan generasi sebelumnya yang menyukai desain hunia yang lebih berat konsepnya.

Dengan memanfaatkan konsep rumah minimalis maka terlihat hunian tersebut menjadi lebih nyaman dan lega. Pasalnya pada zaman ini untuk memperoleh lahan Perumahan sangatlah sulit kalau pun tersedia luasnya tidak terlalu besar.

Sehingga untuk mendapatkan rumah yang nyaman yang identik dengan lega dan luas, maka  umumnya banyak yang menyarankan untuk membuat rumah dengan desain minimalis. Sebab hunian ini minim dengan sekat sehingga tampak lebih lega.

2. Investasi Bernilai Tinggi

Oleh karena sesuai dengan gaya hidup modern maka memiliki rumah dengan konsep minimalis adalah sebuah investasi yang bernilai tinggi.

Sebab akan dicari oleh generasi selanjutnya. Biasanya juga tidak mau terlalu repot untuk memiliki rumah dengan ornamen yang sulit untuk dirawat.

Sehingga jika sewaktu-waktu pemilik rumah terpaksa menjual yang tersebut akan lebih mudah untuk mendapatkan pembeli. Sebab, konsepnya mudah sekali untuk di redesign dengan gaya minimalis yang lebih terbaru lagi.

3. Harga Lebih Terjangkau dan Ekonomis

Salah satu yang membuat harga rumah semakin tinggi adalah pemanfaatan bahan bakunya. Karena umumnya dalam suatu rumah terdiri dari beberapa ruangan yang jelas kali membutuhkan banyak sekat.

Oleh karena rumah minimalis meminimalisir sekat antar ruangan, maka Anda dapat menekan biaya pembangunan sehingga lebih sesuai dengan anggaran.

Karenanya banyak sekali desain hunian minimalis yang dijual oleh para developer dengan harga lebih ekonomis dibandingkan dengan model yang lain.

5. Terkesan Luas dan Lapang

Konsep rumah minimalis tidak memiliki sekat. Maka pemiliknya akan merasakan bahwa ruangan terasa luas dan lapang.

Selain karena minimnya sekat, kesan dapat diperoleh dari pengaplikasian warna cat yang monokrom sehingga dinding terlihat tidak berbatas.

Hal ini juga perlu didukung dengan penggunaan furnitur yang memiliki desain tidak berbeda dari konsep rumah. Artinya penghuni perlu mempertimbangkan membeli perlengkapan Hunian yang sesuai dengan konsep minimalis.

6. Desain yang Tak Lekang Oleh Waktu

Masih bisa rumah minimalis merupakan rancangan yang tak lekang oleh waktu.  Oleh karena minim dengan ornamen maka dapat diterima dalam jangka waktu yang lama dari generasi ke generasi.

Sehingga seandainya akan merenovasi tinggal menambahkan beberapa elemen yang dapat membuatnya terlihat seperti baru lagi. Contoh yang dapat dilakukan adalah mengganti daun pintu menggunakan material yang lebih solid.

Atau bisa juga dengan mengecat dinding rumah dengan warna yang lebih fresh. Sentuhan sederhana seperti itu saja sudah mampu membuat rumah minimalis ini terlihat menonjol dengan cara yang simple.

7. Mudah dan Murah Perawatannya

Perawatan rumah minimalis pun tidak terlalu sulit, hal ini karena memang menghilangkan ornamen yang tidak penting.

Walaupun secara harian Anda tetap harus melakukan pembersihan dengan cara yang sederhana seperti menyapu dan mengepel.

Namun, penghuni tidak perlu menghabiskan waktu untuk membersihkan setiap orang main khusus yang ada.  Karena rumah minimalis umumnya tidak memiliki dekorasi yang dirasakan tidak penting dan tidak memiliki fungsi.

Selain itu perawatan yang diperlukan untuk memastikan bahwa rumah minimalis dalam keadaan bersih pun tidak terlalu mahal. Karena material yang digunakan cukup solid dan kuat sehingga tidak diperlukan bahan pembersih khusus.

Adapun yang paling bisa dihitung adalah penggunaan biaya listrik di mana Anda tidak perlu menyalakan lampu sama sekali untuk menerangi ruangan pada saat siang hari.

Maka, pada umumnya bukaan jendelanya besar dan luas yang memungkinkan sinar matahari masuk secara tanpa hambatan.

Rumah minimalis juga dapat mengurangi pemakaian pendingin ruangan dengan memanfaatkan konsep ruangan terbuka. Karena penghuni dapat membuka jendela yang tersedia cukup banyak.

8. Mudah Mencari  Furniture yang Sesuai

Kendati rumah minimalis sangat mengagungkan furniture yang multifungsi bukan berarti bahwa perlengkapan tersebut sulit untuk dicari.

Karena trend perumahan banyak yang bergerak menuju minimalis, maka sekarang sudah tersedia beberapa toko yang khusus menjual produk perlengkapan rumah tangga minimalis.

Bahkan beberapa diantaranya merupakan produk luar negeri yang juga memiliki kualitas terbaik. Beberapa produsen lokal pun meramaikan pasar furniture minimalis ini. Sebab penggunaannya  menekankan pemanfaatan fungsi yang optimal.

Penutup

Jika Anda merasa kesulitan untuk merancang  konsep desain rumah minimalis yang sesuai dengan keinginan dan selera.

Maka pilihan terbaik adalah bekerjasama dengan penyedia jasa layanan arsitektur, antara lain adalah desaintamanrumah.com.

Anda dapat mengemukakan konsep rumah minimalis yang diinginkan untuk lebih menekankan pada kenyamanan.

Dengan pengalamannya, desaintamanrumah.com juga mampu memvisualisasikan apa yang ada dalam benak Anda agar hunian tersebut berdiri tepat waktu dengan perencanaan yang matang.

CEK JASA TAMAN JOGJA TERBAIK

Categorized in: